Sabtu, 02 Oktober 2021

Peralatan Dan Teknik Dasar Olahraga Panahan Bagi Pemula Untuk Anda

Melakukan olahraga panahan saat ini tidak hanya dapat anda temui di kejuaraan saja akan tetapi ternyata juga memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Memanah di lapangan panahan juga mampu menjadi obat stress yang paling mujarab kepada anda. Tujuan dari olahraga ini sebenarnya adalah menembakkan anak panah dengan bantuan busur untuk mencapai target pada jarak tertentu.

Peralatan Dan Teknik Dasar Olahraga Panahan Bagi Pemula Untuk Anda

Sekilas tentang olahraga panahan

Memanah merupakan salah satu olahraga dengan peralatan busur senar dan anak panah. Pada mulanya ia digunakan sebagai salah satu alat untuk berburu ataupun untuk perang akan tetapi saat ini memanah lebih bertujuan sebagai sebuah olahraga ataupun sarana rekreasi bagi beberapa orang.

Peralatan dalam olahraga panahan

Pada olahraga memanah ini ada beberapa peralatan yang harus anda siapkan sebelum memulai aktivitas ini. Minimal untuk memulai olahraga ini anda membutuhkan peralatan dasar seperti busur anah, anak panah dan targetnya.

1.       busur panah

busur panah merupakan salah satu peralatan utama di dalam olahraga panahan ini. Terdapat tiga unsur di dalam busur panah yakni recurve, longbow dan compound dengan karakteristik masing – masing. Sebagai pemula biasanya anda akan di sarankan untuk menggunakan busur recurve yang mempunyai bentuk melengkung pada bagian ujung. Jenis bususr ini juga merupakan bususr paling mudah untuk dipelajari sebagai seorang pemula.

2.       Anak panah

Untuk anak panah ini ada yang terbuat dari kayu, alumunium, karbon ataupun kombinasi karbon dan alumunium. Alat ini harus mempunyai kekakuan dan panjang tertentu. Apabila ia mempunyai ukuran yang terlalu pendek maka anak panah dapat melesat dari busur panah anda dan tentunya dapat melukai anda.

3.       target

target disini berupa sasaran yang berbentuk lingkaran dengan gambar bagian tertentu sebagai sebuah titik penentu poin tembakan. Pada olimpiade, seorang atlet panahan harus membidik target dari jarak 70 meter akan tetapi bagi pemula tentu hanya membutuhkan jarak yang lebih pendek.

Selain ketiga peralatan dasar tersebut, anda yang ingin menggeluti olahraga ini juga membutuhkan alat pendukung lain seperti pelindung dada, tempat anak panah dan pelindung jari. Dari segi harga, peralatan olahraga ini cenderung lebih mahal. Anda tidak harus membelinya, apabila anda hendak berlatih memanah lebih baik anda bergabung ke komunitas panahan untuk menyewa alat sekaligus anda akan mendapatkan arahan teknik yang baik dan benar.

Teknik dasar bagi pemula olahraga panahan

Sebagai seorang pemula setidaknya anda harus memahami teknik dan keterampilan dasar dari olahraga ini. Hal ini karena olahraga panahn sangat membutuhkan kekuatan, ketahanan dan focus anda sebagai pemainnya.

1.       bagaimana sikap yang tepat ketika berolahraga

posisi dari kaki tentunya akan menentukan arah tembakan anak panah anda seingga anda perlu melakukan sikap dan posisi yang tepat dengan menyelaraskan kaki kea rah tengah sasaran. Buka kedua kaki anda selebar bahu dan kemudian posisikan kaki yang berada di bagian belakang untuk tegak lurus 90 derajat dengan arah target anda.

2.       Meletakkan anak panah ke busur

Ketika berolahraga ini letakkan anak panah pada sandaran yang terrdapat pada busur. Tempatkan tali busur ke dalam bagian berlubang di belakang anak panah sebagai tempat senar. Biasanya bagian bulu plastic pada anak panah mempunyai salah satu bagian yang berwarna berbeda.

3.       memegang senar busur

disini posisikan jari tangan anda dengan benar saat memegang anak panah dan senar busur. Letakkan jari telunjuk pada bagian atas panah sementara jari tengah dan jari manis berada di bawahnya. Pegangan anda harus longgar untuk memudahkan anda saat menembak.

4.       Menarik bususr panah anda

Ketika anda meletakkan anak panah ke busur maka lakukan dalam posisi busur panah menghadap ke bawah. Angkat bususr dan Tarik senar ke belakang lalu arahkan lengan anda yang tidak menarik senar kea rah target. Tarik senar sampai menyentuh titik tertentu pada wajah anda.

5.       membidik an melepaskan tempakan ke target

anda waib menghindari membidik terlalu cepat karena mampu menyebabkan tembakan anak panah melemah. Saat membidik fokuskan juga pada gerakan otot tangan anda. Lepaskan senar dengan mengendurkan jari – jari tangan anda. Jangan menyentak busur saat melepaskan anak panah karena mampu membuat tembakan melesat dari target anda.

Itulah beberapa hal yang wajib anda ketahui tentang olahraga panahan. Review tentang olahraga ini dengan lengkap dapat anda dapatkan dari instruktur anda di lapangan.

Description: lapangan panahan saat ini menjadi sangat ramai karena banyak yang melakukan olahraga panahan.